Sunday, 8 April 2012

Biografi Abdulmalik bin Quraib Al-Asma’i


‘ Abdul Malik ibn al-Quraib al-Asmai dilahirkan di Basrah pada tahun 740. Dia  merupakan seorang ahli sastera Arab sekaligus ilmuwan bidang zoologi, botani dan penjagaan hewan. Dia adalah seorang Arab yang saleh dan murid puisi Arab yang baik. Al-Asmai dianggap sebagai ilmuwan Muslim pertama yang memberikan kontribusi pada Zoologi, Botani, dan Peternakan Hewan. Tulisannya yang terkenal di antaranya Kitab Ibil, Kitab Khalil, Kitab Wuhush, Kitab Sha, dan Kitab Khalqal Insan.  Buku terakhirnya tentang anatomi manusia membuktikan pengetahuannya yang mendalam dan luas mengenai bidang tersebut. Ketertarikan pada peternakan kuda dan unta merupakan alasan bagi karya ilmiah yang sistematis oleh orang Arab mulai dari abad ke-7. Selama Kekhalifahan Umayyah, perilaku dan klasifikasi hewan dan tanaman dipelajari dan dicatat oleh beberapa ilmuwan. Karya Al-Asmai sangat populer di antara para ilmuwan abad ke-9 dan ke-11.

‘Abdul Malik ibn al-Quraib al-Asmai ialah orang pertama yang mempelajari ilmu alam dan zoologi (ilmu hewan). Beberapa buah pikirannya adalah mengupas tentang hewan, yakni Al-khayhl yang mempelajari tentang kuda. Selain itu ada juga yang bernama Al-Ibil yang membahas tentang unta, kitab As-Sha tentang kambing, dan Al-Wuhush tentang hewan liar. Dia juga mngakaji tentang manusia dalam Khalq Al- Insan. Abdul malik tercatat sebagai orang pertama yang mempelajari manusia. Salah satu kitabnya yang terkenal adalah Kitab Al-Asma’i yang menjadi rujukan ilmuwan di Austria pada paruh kedua pada abad ke -19 M.

Sumber:
http://amatillaah-muslimahsejati.blogspot.com/2009/10/abdul-malik-ibn-quraib-al-asmai-740-828.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Abdulmalik_bin_Quraib_Al-Asma%27i
http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2009/10/ilmuwan-botani-dan-zoologi-islam.html

1 comment:

Author

Stats

Kata Hukama


About

Followers

Archives

Pelawat Seantero

Ulama Pewaris Nabi

Ulama Pewaris Nabi

Sample Text

Kepada semua penulis asal, blogger atau sesiapa saja yang artikelnya saya petik dan masukkan di sini, saya memohon kebenaran dan diharap tidak dituntut di akhirat nanti. Seboleh-bolehnya saya akan "quote" artikel asal dan sumbernya sekali, supaya apa yang dimaksudkan oleh penulis asal tidak lari atau menyeleweng. Saya ambil artikel-artikel penulisan untuk rujukan saya dan sahabat-sahabat pelawat. Saya masih cetek ilmu tidak sehebat sahabat-sahabat yang menulis artikel-artikel di blog ini. Jazakumullah khairan kathira kerana sudi menghalalkan ilmu untuk perkongsian seluruh masyarakat Islam

Popular Posts