Tuesday, 3 April 2012

Biografi Imam Abul Hassan Al-Asy'ari

Nama dan Nasabnya
Beliau adalah al-Imam Abul Hasan Ali bin Ismail bin Abu Bisyr Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abu Burdah bin Abu Musa al-Asy’ari Abdullah bin Qais bin Hadhar salah seorang sahabat Rasulullah صلي الله عليه وسلم  yang masyhur.

Kelahirannya
Beliau رحمه الله dilahirkan pada tahun 260 H di Bashrah, Irak.

Sifat-sifatnya
Beliau رحمه الله dikenal dengan kecerdasannya yang luar biasa dan ketajaman pemahamannya. Demikian juga, beliau dikenal dengan qana’ah dan kezuhudannya.

Guru-gurunya
Beliau mengambil ilmu kalam dari ayah tirinya, Abu Ali al-Jubai, seorang imam kelompok Mu’tazilah.
Ketika beliau keluar dari pemikiran Mu’tazilah, beliau رحمه الله memasuki kota Baghdad dan mengambil hadits dari muhaddits Baghdad Zakariya bin Yahya as-Saji. Demikian juga, beliau belajar kepada Abul Khalifah al-Jumahi, Sahl bin Nuh, Muhammad bin Ya’qub al-Muqri, Abdurrahman bin Khalaf al-Bashri, dan para ulama thabaqah mereka.

Taubatnya dari aqidah Mu’tazilah kepada aqidah salaf
Al-Hafizh Ibnu Asakir berkata di dalam kitabnya Tabyin Kadzibil Muftari fima Nusiba ila Abil Hasan al-Asy’ari, ‘Abu Bakr Ismail bin Abu Muhammad al-Qairawani berkata, ‘Sesungguhnya Abul Hasan al-Asy’ari awalnya mengikuti pemikiran Mu’tazilah selama 40 tahun dan jadilah beliau seorang imam mereka. Suatu saat beliau menyepi dari manusia selama 15 hari, sesudah itu beliau kembali ke Bashrah dan shalat di masjid Jami’ Bashrah. Seusai shalat Jum’at beliau naik ke mimbar seraya mengatakan: Wahai manusia, sesungguhnya aku menghilang dari kalian pada hari-hari yang lalu karena aku melihat suatu permasalahan yang dalil-dalilnya sama-sama kuat sehingga tidak bisa aku tentukan mana yang haq dan mana yang batil, maka aku memohon petunjuk kepada Alloh Ta’ala sehingga Alloh memberikan petunjuk kepadaku yang aku tuliskan dalam kitab-kitabku ini, aku telah melepaskan diriku dari semua yang sebelumnya aku yakini, sebagaimana aku lepaskan bajuku ini. maka beliau melepas baju beliau dan beliau serahkan kitab-kitab tersebut kepada manusia. Ketika ahlul hadits dan fiqh dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah membaca kitab-kitab tersebut mereka mengambil apa yang ada di dalamnya dan mereka mengakui kedudukan yang agung dari Abul Hasan al-Asy’ari dan menjadikannya sebagai imam.’”

Ashhabul hadits sepakat bahwa Abul Hasan al-Asy’ari adalah salah seorang imam dari ashhabul hadits, madzhabnya adalah madzhab ashhabul hadits. Beliau berbicara pada pokok-pokok agama atas metode Ahlus Sunnah dan membantah orang-orang menyeleweng dari ahli bid’ah dan ahwa’. Beliau adalah pedang yang terhunus atas Mu’tazilah, Rafidhah, dan para ahli bid’ah. Barangsiapa yang mencela dan mencaci beliau, maka sungguh dia telah menjulurkan lidah kejelekan kepada seluruh Ahlus Sunnah.
Abu Bakr bin Faurak berkata, “Abul Hasan al-Asy’ari keluar dari pemikiran Mu’tazilah dan kembali kepada madzhab Ahlus Sunnah pada tahun 300 H.”
Abul Abbas Ahmad bin Muhammad bin Khalikan berkata dalam kirabnya, Wafayatul A’yan (2/446), “Abul Hasan al-Asy’ari awalnya mengikuri pemikiran Mu’tazilah kemudian bertaubat.”

Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata dalam kitabnya, al-Bidayah wan Nihayah (11/187), “Sesungguhnya Abul Hasan al-Asy’ari awalnya adalah seorang Mu’tazilah kemudian bertaubat dari pemikiran Mu’tazilah di Bashrah di atas mimbar, kemudian beliau tampakkan aib-aib dan kebobrokan pemikiran Mu’tazilah.”

Al-Hafizh adz-Dzahabi berkata dalam kitabnya, al-Uluw lil Aliyyil Ghaffar, “Abul Hasan al-Asy’ari awalnya seorang Mu’tazilah mengambil ilmu dari Abu Ali al-Juba’i, kemudian beliau lepaskan pemikiran Mu’tazilah dan jadilah beliau mengikuti Sunnah dan mengikuti para imam ahli hadits.”
Tajuddin as-Subki berkata dalam kitabnya, Thabaqah Syafi-’iyyah al-Kubra (2/246), “Abul Hasan al-Asy’ari mengikuti pemikiran Mu’tazilah selama 40 tahun hingga menjadi imam kelompok Mu’tazilah. Ketika Alloh menghendaki membela agama-Nya dan melapangkan dada beliau untuk ittiba kepada al-Haq maka beliau menghilang dari manusia di rumahnya.” (Kemudian Tajuddin as-Subki menyebutkan apa yang dikatakan oleh al-Hafizh Ibnu Asakir di atas).

Ibnu Farhun al-Maliki berkata dalam kitabnya Dibajul Madzhab fi Marifati A’yani Ulama il Madzhab (hal. 193), “Abul Hasan al-Asy’ari awalnya adalah seorang Mu’tazilah, kemudian keluar dari pemikiran Mu’tazilah kepada madzhab yang haq madzhab Ahlus Sunnah. Banyak yang heran dengan hal itu dan bertanya sebabnya kepada beliau. Maka beliau menjawab bahwa beliau pada bulan Ramadhan mimpi bertemu Nabi صلي الله عليه وسلم yang memerintahkan kepada beliau agar kembali kepada kebenaran dan membelanya, dan demikianlah kenyataannya —walhamdulillahi Ta’ala—“.
Murtadha az-Zabidi berkata dalam kitabnya Ittihafu Sadatil Muttaqin bi Syarhi Asrari Ihya’ Ulumiddin (2/3), “Abul Hasan al-Asy’ari mengambil ilmu kalam dari Abu Ali al-Jubba’i —tokoh Mu’tazilah—, kemudian beliau tinggalkan pemikiran Mu’tazilah dengan sebab mimpi yang beliau lihat, beliau keluar dari Mu’tazilah secara terang-terangan, beliau naik mimbar Bashrah pada hari Jum’at dan menyeru dengan lantang, ‘Barangsiapa yang telah mengenaliku maka sungguh telah tahu siapa diriku dan barangsiapa yang belum kenal aku maka aku adalah Ali bin Ismail yang dulu aku mengatakan bahwa al-Qur’an adalah makhluk, bahwasanya Alloh tidak bisa dilihat di akhirat dengan mata, dan bahwasanya para hamba menciptakan perbuatan-perbuatan mereka. Dan sekarang lihatlah aku telah bertaubat dari pemikiran Mu’tazilah dan meyakini bantahan atas mereka,’ kemudian mulailah beliau membantah mereka dan menulis yang menyelisih pemikiran mereka.”

Kemudian az-Zabidi berkata, “Ibnu Katsir berkata, ‘Para ulama menyebutkan bahwa Syaikh Abul Hasan al-Asy’ari memiliki tiga fase pemikiran: Pertama mengikuti pemikiran Mu’tazilah yang kemudian beliau keluar darinya. Kedua menetapkan tujuh sifat aqliyyah, yaitu; Hayat, Ilmu, Qudrah, Iradah, Sama’, Bashar, dan Kalam, dan   beliau  menakwil  sifat-sifat khabariyyah seperti wajah, dua tangan, telapak kaki, betis, dan yang semisalnya. Ketiga adalah menetapkan semua sifat Alloh tanpa takyif dan tasybih sesuai manhaj salaf yang merupakan metode beliau dalam kitabnya al-Ibanah yang beliau tulis belakangan.’”

Murid-muridnya
Di antara murid-muridnya adalah Abul Hasan al-Bahili, Abul Hasan al-Karmani, Abu Zaid al-Marwazi, Abu Abdillah bin Mujahid al-Bashri, Bindar bin Husain asy-Syairazi, Abu Muhammad al-Iraqi, Zahir bin Ahmad as-Sarakhsyi, Abu Sahl Ash-Shu’luki, Abu Nashr al-Kawwaz Asy-Syairazi, dan yang lainnya

Tulisan-tulisannya
Di antara tulisan-tulisan beliau adalah; al-Ibanah an Ushuli Diyanah, Maqalatul Islamiyyin, Risalah Ila Ahli Tsaghr, al-Luma’ fi Raddi ala Ahlil Bida’, al-Mujaz, al-Umad fi Ru’yah, Fushul fi Raddi alal Mulhidin, Khalqul Amal, Kitabush Shifat, Kitabur Ru’yah bil Abshar, al-Khash wal Am, Raddu Alal Mujassimah, Idhahul Burhan, asy-Syarh wa Tafshil, an-Naqdhu alal Jubai, an-naqdhu alal Balkhi, Jumlatu Maqalatil Mulhidin, Raddu ala Ibni Ruwandi, al-Qami’ fi Raddi alal Khalidi, Adabul Jadal, Jawabul Khurasaniyyah, Jawabus Sirafiyyin, Jawabul Jurjaniyyin, Masail Mantsurah Baghdadiyyah, al-Funun fi Raddi alal Mulhidin, Nawadir fi Daqaiqil Kalam, Kasyful Asrar wa Hatkul Atsar, Tafsirul Qur’an al-Mukhtazin, dan yang lainnya.
al-Imam Ibnu Hazm رحمه الله berkata, “al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari memiliki 55 tulisan.

Di antara perkataan-perkataannya
al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari رحمه الله berkata dalam kitabnya al-Ibanah an Ushuli Diyanah hal. 17: Apabila seseorang bertanya, “Kamu mengingkari perkataan Mu’tazilah, Qadariyyah, Jahmiyyah, Haruriyyah, Rafidhah, dan Murji’ah. Maka terangkan kepada kami pendapatmu dan keyakinanmu yang engkau beribadah kepada Alloh dengannya!” Jawablah, “Pendapat dan keyakinan yang kami pegangi adalah berpegang teguh dengan kitab Rabb kita, sunnah Nabi kita dan apa yang diriwayatkan dari para sahabat, tabi’in, dan para ahli hadits. Kami berpegang teguh dengannya. Dan berpendapat dengan apa yang dikatakan oleh Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal.”
Ringkas perkataan kami bahwasanya kami beriman kepada Alloh, para malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya, dan apa yang dibawa oleh mereka dari sisi Alloh dan apa yang diriwayatkan oleh para ulama yang terpercaya dari  Rasulullah صلي الله عليه وسلم kami tidak akan menolak sedikitpun. Sesungguhnya Alloh adalah Ilah yang Esa, tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia, Dia Esa dan tempat bergantung seluruh makhluk, tidak membutuhkan anak dan istri. Dan bahwasanya Muhammad صلي الله عليه وسلم adalah hamba dan utusan-Nya. Alloh mengutusnya dengan membawa petunjuk dan dien yang benar. Surga dan neraka benar adanya. Hari kiamat pasti datang, tidak ada kesamaran sedikitpun. Dan Alloh akan membangkitkan yang ada di kubur. Alloh bersemayam di atas Arsy seperti dalam firmanNya :
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
“Alloh yang Maha Pemurah bersemayam di atas ‘Arsy.” (QS. Thaha: 5)
Alloh memiliki dua tangan, tapi tidak boleh ditakyif, seperti dalam firmanNya:
خَلَقْتُ بِيَدَيَّ
“Telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku.” (QS. Shad: 75) dan firmanNya
بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ
“Tetapi kedua-dua tangan Alloh terbuka.” (QS. al-Maidah: 64)
Alloh memiliki dua mata tanpa di-takyif seperti dalam firmanNya:
تَجْرِي بِأَعْيُنِنَا
“Yang berlayar dengan pengawasan mata Kami.” (QS. al-Qamar: 14)
Siapa yang menyangka bahwa nama-nama Alloh bukanlah Alloh maka sungguh dia sesat, Alloh berilmu seperti dalam firmanNya:
وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنثَى وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ
“Dan tidak ada seorang perempuanpun yang mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan ilmu-Nya.” (QS. Fathir: 11)

Kita menetapkan bahwa Alloh mendengar dan melihat, kita tidak menafikannya seperti dilakukan oleh orang-orang Mu’tazilah, Jahmiyyah, dan Khawarij.”
Beliau berkata dalam kitabnya Maqalatul Islamiyyin wa Ikhtilaful Mushallin hal. 290: Kesimpulan apa yang diyakini oleh ahli hadits dan Sunnah bahwasanya mereka mengakui keimanan kepada Alloh, para malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasulNya, dan apa yang dibawa oleh mereka dari sisi Alloh dan apa yang diriwayatkan oleh para ulama yang terpercaya dari Rasulullah mereka tidak akan menolak sedikitpun. Dan bahwasanya Alloh adalah Ilah yang Esa, tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia, Dia Esa dan tempat bergantung seluruh makhluk, tidak membutuhkan anak dan istri. Dan bahwasanya Muhammad صلي الله عليه وسلم adalah hamba dan utusan-Nya …

Mereka memandang wajibnya menjauhi setiap penyeru kepada kebid’ahan dan hendaknya menyibukkan diri dengan membaca al-Qur’an, menulis atsar-atsar, dan menelaah fiqih, dengan selalu tawadhu’, tenang, berakhlak yang baik, menebar kebaikan, menahan diri dari mengganggu orang lain, meninggalkan ghibah dan namimah, dan berusaha memperhatikan keadaan orang yang kekurangan.
Inilah kesimpulan dari apa yang mereka perintahkan, amalkan, dan mereka pandang, dan kami mengatakan sebagaimana yang kami sebutkan dari mereka dan kepada ini semua kami bermadzhab, dan tidaklah kami mendapatkan taufiq kecuali dari Alloh.”
Wafatnya
al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari رحمه الله wafat Baghdad pada tahun 324 H. Semoga Alloh meridhoi-nya dan menempatkannya dalam keluasan jannahNya.
Rujukan
Siyar A’lamin Nubala’ oleh Adz-Dzahabi 15/85-90, dan Tarjamah Abul Hasan al-Asy’ari oleh Syaikh Hammad bin Muhammad al-Anshari cetakan ketiga 1390 H. []

No comments:

Post a Comment

Author

Stats

Kata Hukama


About

Followers

Archives

Pelawat Seantero

Ulama Pewaris Nabi

Ulama Pewaris Nabi

Sample Text

Kepada semua penulis asal, blogger atau sesiapa saja yang artikelnya saya petik dan masukkan di sini, saya memohon kebenaran dan diharap tidak dituntut di akhirat nanti. Seboleh-bolehnya saya akan "quote" artikel asal dan sumbernya sekali, supaya apa yang dimaksudkan oleh penulis asal tidak lari atau menyeleweng. Saya ambil artikel-artikel penulisan untuk rujukan saya dan sahabat-sahabat pelawat. Saya masih cetek ilmu tidak sehebat sahabat-sahabat yang menulis artikel-artikel di blog ini. Jazakumullah khairan kathira kerana sudi menghalalkan ilmu untuk perkongsian seluruh masyarakat Islam

Popular Posts